Senin, 02 Mei 2011

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun

Taman Ayun Temple is a Royal Temple of Mengwi Empire and it is located in Mengwi Village, Mengwi sub district, Badung regency and about 18 Km north side of Denpasar town. Pura Taman Ayun adalah Candi Royal Mengwi Empire dan terletak di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dan sekitar 18 Km sebelah utara kota Denpasar. It is strategically located beside of major roadway between Denpasar to Singaraja. Hal yang strategis terletak di samping jalan raya utama antara Denpasar ke Singaraja. It is set on the land which is surrounded by the big fish pond and look like a drift on the water. Hal ini diatur pada tanah yang dikelilingi oleh kolam ikan besar dan tampak seperti melayang di atas air. It owns the beautiful temple building with multistoried roof and Balinese Architecture. Itu memiliki bangunan candi yang indah dengan atap bertingkat dan Bali Arsitektur. The wide beautiful landscape garden in front courtyard to welcome all visitors who come and visit this temple. Taman lanskap yang luas yang indah di halaman depan untuk menyambut semua pengunjung yang datang dan mengunjungi candi ini. It is a beautiful place to visit on your vacation in Bali. Ini adalah indah tempat yang harus dikunjungi pada liburan Anda di Bali.
Candi Taman Ayun, Tempat Wisata di Bali

History Sejarah

Bali Pura, Tempat-tempat menarik di Bali, Pura Taman Ayun Pursuant to Papyrus Chronicle of the Mengwi (Lontar Babad Mengwi), the temple which is now referred by Taman Ayun Temple that it had been newly sanctified in the year 1634 M and it is named with Taman Ahyun Temple. Berdasarkan Papyrus Chronicle dari Mengwi (Lontar Babad Mengwi), candi yang sekarang disebut dengan Taman Ayun Temple yang baru itu telah dikuduskan dalam M tahun 1634 dan dinamai dengan Taman Ahyun Temple. The word of Ahyun is coming from from the root word Hyun meaning a temple is founded in the park (pool with the beautiful garden) which can fulfill the desire. Firman Ahyun berasal dari dari akar kata Hyun berarti sebuah kuil didirikan di taman (kolam renang dengan taman yang indah) yang dapat memenuhi keinginan. The word Ahyun is then changed into Ayun word. Kata Ahyun kemudian berubah menjadi kata Ayun. Taman Ayun Temple is one of Hindu Temples in Bali become tourist destination which has been visited by many tourists from local and foreign. Pura Taman Ayun merupakan salah satu Candi Hindu di Bali menjadi tujuan wisata yang telah dikunjungi oleh banyak wisatawan dari lokal dan asing. This temple is usually visited by tourist once having a set tour to Tanah Lot Temple due to this temple is the same route of the Tanah Lot Temple Tour . Candi ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan sekali memiliki wisata diatur ke Tanah Lot Temple karena candi ini adalah rute yang sama dari Tanah Lot Temple Tour .

Temple Position and Function Candi Posisi dan Fungsi

The function of Taman Ayun Temple is a place to pray the god in their manifestation. Fungsi Pura Taman Ayun adalah tempat untuk berdoa dalam manifestasi dewa mereka. It is according to the content of Babad Mengwi and the existence of temple building structure, especially the temple that is located in third area (Jeroan). Hal ini sesuai dengan isi Babad Mengwi dan adanya struktur bangunan candi, terutama candi yang terletak di daerah ketiga (Jeroan). According to Astadewata, the special God is worshiped in Taman Ayun Temple is the God in manifestation as a Wisnu God which his palace located in top of Mangu mount. Menurut Astadewata, Allah khusus disembah di Pura Taman Ayun adalah Tuhan dalam manifestasi sebagai Dewa Wisnu yang istananya terletak di puncak gunung Mangu. In papyrus of Usana Bali mentioning that one of Dewa Catur Lokapalas carry through its worship is Meru Pucak Pangelengan that is a temple building with 9 multistoried roofs. Dalam papirus dari Usana Bali menyebutkan bahwa salah satu Dewa Catur Lokapalas melaksanakan ibadah adalah Meru Pucak Pangelengan yang merupakan bangunan candi dengan atap bertingkat 9. Pitara God is a holy soul deity of ancestor who is also referred as the other names of Hyang Pitara or Dewa Hyang. Pitara Allah adalah dewa jiwa suci leluhur yang juga disebut sebagai nama lain dari Hyang Pitara atau Dewa Hyang. Pitara God is obliged to be worshiped by clan heir (Prati Sentana) in the form of temple ceremony which the same meaning as by the ceremony to the god. Pitara Allah wajib disembah oleh ahli waris klan (Prati Sentana) dalam bentuk upacara candi yang arti yang sama seperti dengan Upacara dewa. The worshiping existence to Pitara God in Taman Ayun Temple can be searched and proved by pursuant to the existence of temple building which lay in by consecution in east which is called Paibon that is representing Special Temple. Keberadaan menyembah kepada Allah Pitara di Pura Taman Ayun dapat dicari dan dibuktikan dengan berdasarkan adanya bangunan candi yang terletak pada deretan di timur yang disebut Paibon yang mewakili Candi Khusus. Taman Ayun Temple in capacities or its status as special altar for the King family of Mengwi Palace or as a Merajan Agung from Mengwi King Families specially for the founder of Mengwi Empire that is I Gusti Agung Putu. Pura Taman Ayun dalam kapasitas atau statusnya sebagai altar khusus untuk keluarga Raja Mengwi Istana atau sebagai Agung merajan dari Keluarga Raja Mengwi khusus untuk pendiri Kekaisaran yang Mengwi I Gusti Agung Putu.

More Taman Ayun Temple Photos Candi Taman Ayun Foto Lainnya

Taman Ayun Bale
Taman Ayun Taman Ayun
Resting Bale Istirahat Bale




  

--------------------------------------------
BADUNG

DENPASAR

GIANYAR
Ubud

BANGLI
Kintamani

TABANAN



RUPA-RUPA
WORK IN BALI
Bursa Kerja-Denpasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar